BAB II
VISI, MISI
DAN TUJUAN
A.
Visi
Kurikulum disusun oleh
satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan
dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara
pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.
Perkembangan dan tantangan itu
diantaranya : (1) perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, (2)
globalisasi yang sangat cepat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral
manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, dan (6) era
perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus
peluang itu direspon oleh SD Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi , sehingga visi, misi sekolah diharapkan sesuai
dengan arah perkembangan tersebut. Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan
KTSP dan Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi maka visi Sekolah Dasar Negeri Cipinang
Besar Utara 11 Pagi adalah:
” TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK
YANG BERBUDI
LUHUR DAN BERPRESTASI ”
B.
Misi
Misi Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi
1.
Menumbuhkan insan
sekolah yang beriman dan bertaqwa.
2.
Mewujudkan insan sekolah
yang berprestasi.
3.
Menumbuhkan insan sekolah yang berusaha selalu meningkatkan
kompetensi akademik.
4.
Membina kemandirian peserta
didik melalui kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang terencana dan
peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup
C. Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Mengacu pada visi
dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.
1.
Terbaik dalam pengembangan budaya sekolah yang religius melalui pembiasaan dan kegiatan keagamaan.
2.
Terbaik dalam pelaksanakan pembelajaran dengan
pendekatan tematik integratif dan Pendekatan Scientific melalui pembelajaran
Pakem
3.
Terbaik dalam kegiatan pembiasaan dan pengembangan
diri yang terencana dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup
4.
Mengembangkan berbagai pendekatan dan metode dalam proses belajar mengajar
di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa.
5.
Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari
pendidikan budaya dan karakter bangsa.
6.
Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan baik
di dalam negeri maupun luar negeri.
7.
Memanfaatkan dan memelihara fasilitas sekolah untuk
sebesar-besarnya mendukung proses belajar mengajar berbasis TIK.