Visi & Misi Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi



BAB II
      VISI,  MISI  DAN TUJUAN
A.   Visi
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu diantaranya : (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang sangat cepat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, dan (6) era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu direspon oleh SD Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi , sehingga visi, misi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan KTSP dan Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi maka visi Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi adalah:

” TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERBUDI LUHUR DAN BERPRESTASI

B.   Misi
Misi Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Utara 11 Pagi
1.         Menumbuhkan insan sekolah yang beriman dan bertaqwa.
2.         Mewujudkan insan sekolah yang berprestasi.
3.         Menumbuhkan insan sekolah yang berusaha selalu meningkatkan kompetensi akademik.
4.         Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang terencana dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup

 
C.   Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.
1.    Terbaik dalam pengembangan budaya sekolah yang religius melalui pembiasaan dan  kegiatan keagamaan.
2.    Terbaik dalam pelaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tematik integratif  dan Pendekatan Scientific melalui pembelajaran Pakem
3.    Terbaik dalam kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang terencana dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup
4.    Mengembangkan berbagai pendekatan dan metode dalam proses belajar mengajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa.
5.    Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa.
6.    Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri.
7.    Memanfaatkan dan memelihara fasilitas sekolah untuk sebesar-besarnya mendukung proses belajar mengajar berbasis TIK.